Rabu, 11 Januari 2017

on Leave a Comment

Penyebab Timbulnya Benjolan Di Ketiak Kiri Atau Kanan

Tidak sengaja menemukan benjolan di ketiak ? cari tahu yuk apa penyebab timbulnya benjolan di ketiak, silahkan disimak !

Timbul Benjolan Di Ketiak Apakah Berbahaya ?

Penyebab Timbulnya Benjolan Di Ketiak

Banyak orang yang merasa was-was dan takut ketika menimbulkan benjolan di ketiak, mungkin anda salah satunya mengingat timbulnya benjolan di ketiak merupakan salah satu tanda penyakit kanker kelenjar getah bening disamping benjolan di leher.

Yang mana kanker kelenjar getah bening merupakan salah satu jenis kanker yang banyak diderita yang sangat mematkan karena bisa mengakibatkan kematian.

Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa banyak orang merasa takut dan parno ketika menemukan benjolan di ketiaknya.

Namun anda tidak perlu khawatir mengingat ada banyak penyebab yang bisa menimbulkan benjolan di ketiak selain penyakit atau kanker kelenjar getah bening.

Ketiak adalah bagian tubuh yang banyak terdapat kelenjar termasuk kelenjar getah bening sehingga pada saat keduanya mengalami gangguan benjolan akan meuncul di sekitar ketiak baik kiri atau kanan.

Penyebab Timbulnya Benjolan Di Ketiak


Secara umum penyebab timbulnya benjolan di ketiak kiri maupun kanan disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening.

Selain itu menurut dr. Tri Permatadewi dari laman alodoker mengatakan penyebab timbulnya benjolan di ketiak disebabkan oleh :
  • Iritasi di area ketiak
  • Infeksi virus atau bakteri
  • Reaksi alergi
  • Kista
  • Abses pada kelenjar
  • Infeksi pada area payudara dan area tangan
  • Efek samping imunisasi

Jika penyebab timbulnya benjolan di ketiak disebabkan oleh infeksi atau peradangan di area sekitar kelenjar getah bening ketiak, maka penyebab infeksinya harus diobati terlebih dahulu.

Dan apabila infeksi sudah mereda serta teratasi maka benjolan akan hilang dengan sendirinya.

Selain disebabkan oleh hal-hal diatas timbulnya benjolan di ketiak juga bisa merupakan indikasi atau gejala penyakit serius seperti : Limfoma, Fibroadenoma ( FAM ), kanker payudara dan kanker darah.

Untuk itu jika benjolan di ketiak tidak hilang-hilang dan semakin membesar maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri kepada dokter untuk mengetahui penyebab pasti, sehingga anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Biasanya pada saat dokter malakukan pemeriksaan dan dicurigai adanya kemungkinan dan penyebab lain dari timbulnya benjolan tersebut dokter akan menanyakan perubahan-perubahan yang terjadi dan adakah rasa nyeri yang dirasakan.

Dokter juga akan menanyakan apakah Anda sedang menyusui atau tidak, lalu apakah ada gejala lain yang menyertai kondisi tersebut. Dokter kemudian akan memeriksa benjolan tersebut dengan memijatnya secara lembut.

Selain itu jika dirasa perlu dokter juga akan melakukan pemeriksaan lanjutan berupa :
  1. Cek darah lengkap untuk memeriksa kadar sel darah merah dan putih dalam sistem tubuh.
  2. Mamogram untuk melihat bentuk benjolan dengan lebih saksama.
  3. Tes alergi.
  4. Biopsi: pengambilan sampel dari jaringan benjolan untuk diperiksa lebih lanjut
 Demikianlah informasi tentang penyebab timbulnya benjolan di ketiak ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawsan anda, terima kasih banyak sudah menyimak dan salam sehat !

Untuk mengatasi dan menghilangkan benjolan di ketiak yang anda alami silahkan baca : Cara Menghilangkan Benjolan Di Ketiak Secara Alami

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.